Contoh Jurnal Komputasi Modern : Collaborative Web Surfing
1. Pendahuluan
Aksi yang dilakukan
bersama-sama biasanya digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang
dilakukan dalam sebuah pembangunan. Sejarah kita ialah contoh untuk
menyelesaikan masalah dalam gabungan lingkungan. Hasil dari masalah yang telah
diselesaikan dalam gabungan lingkungan daripada masalah yang diselesaikan oleh
satu orang. Penemu lebih nyaman menemukan untuk menemukan solusi yang baik dari
saling bertukar informasi dengan yang lain. Perbedaan faktor mungkin juga
menyebabkan gabungan rumus untuk contoh grup yang lebih kecil yang lebih
teratur untuk mendapatkan informasi yang lebih intensif.
penerapan alat berbasis komputer dalam
perkembangannya terakhir-akhir ini telah meningkat. Aplikasi pada era ini lebih
berorientasi ke user, terpusat pada pembangunan manusia dan oleh karena itu
lebih baik memasukkan gabungan kebutuhan sosial. Kombinasi penemuan ide
terbaru, inovasi, fungsionalitas, dan media untuk disesuaikan pada alat yang
baru.
2. Komunikasi Gabungan
2.1 Grup Peneliti
Grup di bagi menjadi 2 konsep utama yaitu :
terhubung dan asli. tipe yang terhubung adalah yang diciptakan melalui fungsi
penelitian dan asli terdiri dari aktivitas penelitian secara sendiri.
Karakterisitk dari grup seperti interaksi
saling ketergantungan, kesadaran, antisipasi di masa depan, tujuan yang umum
keanggotaan dikenal dengan literatur.
2.2 Grup sebagai jaringan sosial
Dalam jaringan sosial individu saling terikat
satu sama lain dari lubang sambungan. Yang dikenal dengan jaringan. analisis
jaringan menentukan struktur jaringan atau saling keterhubungan antara aktor
yang bekerja di lingkungan jaringan. Dalam kelompok jaringan sosial menyediakan
tipe kekuatan utama antara aktor dan saling keterhubungan.
Alasan mengapa orang-orang bergabung dengan
grup yang berbeda. Satu mungkin menjadi tujuan dalam membentuk kelompok, yang
lain mungkin menemukan pandangan yang berbeda dalam meyakinkan individu untuk
bergabung ke kelompok tertentu. karena itu ada yang berbeda dalam motivasi di
balik kelompok tersebut untuk menarik anggota grup baru untuk bergabung ke
dalam grup mereka. Kelompok-kelompok yang memotivasi anggota tidak akan
meninggalkan kelompok dan menarik anggota lain dengan menanyakan beberapa
pertanyaan yang berhubungan dengan motivasi untuk contoh mengapa anggota tetap
dalam kelompok? bagaimana keuntungan anggota di dalam kelompok.
Dalam Literatur, tidak
ada tampilan yang kolaborasi konsisten yang tersedia. Oleh karena itu
pengertian kolaborasi bervariasi dari satu peniliti satu ke peneliti lain.
Beberapa peneliti mengambil kegiatan kolaboratif sebagai model dari perspektif,
sementara pandangan organisasi dianggap oleh orang lain. Dalam lingkungan
insiparisif kolaboratif dan terkonsep yang dicirikan oleh individu.
Gambar table
1collaborative types
Description
|
Workgroup
|
Criteria
|
|
General
|
Untuk menyelesaikan
tugas pada waktu yang spesifik
|
Resmi, terorganisasi
tujuan desain
|
Kemampuan untuk
membangun perubahan pengetahuan
|
Membership
|
Anggota adalah yang
mengerjakan tugas
|
Laporan di berikan
kepada pemimpin
|
Anggota dapat memilih
laporan tersebut oleh mereka
|
Lifetime
|
Sampai proyek selesai
|
Sampai reorganisasi
selanjutnya
|
Sepanjang anggota
memiliki alasan untuk terhubung
|
Size
|
Dapat menjadi
kecil/besar
|
Tergantung dari
ukurannya
|
Kecil/besar
|
Contribution
|
Kontribusi dari para
anggota
|
Tergantung dari apa
yang dibutuhkan masing-msing individu
|
Identifikasi dari
aktif dan pasifnya anggota
|
Gabungan dari kelompok
paling banyak biasanya terfokus pada pesan teks individual, video conferense
dan bergabung pada jaringan sosial. Pada tugas ini , kami menjelaskan cara
berselancar di internet dalam lingkungan tergabung. Dimana, lebih dari satu user
intern dalam berselancar bersama. Informasi dibagikan adalah motivasi utama
dari seorang peneliti. Sementara gabungan perangkat lunak berbasis tipe umum,
dimana individu dapat mengubah informasi berselancar pada web berbasis dari
ketertarikan yang sama. Untuk menarik para peselancar dunia maya, kita
membutuhkan untuk memuat tempat sosial,dimana masing-masing individu dapat
melihat orang lain pada bentuk dari jaringan sosial untuk orang-orang memilih
bentuk mesh dari jaringan sosial untuk penggabungan berselencar di dunia maya.
Faktor dari
penggabungan berselancar di dunia maya dapat menjadi identifikasi berbasis pada
perkumpulan kebutuhan dari para peneliti. Hasil dari jaringan mesh yang kecil
membutuhkan penggabungan cara tergantung sampai karakteristik yang berbeda.
Tipe dari pandangan statis menjalankan proses kelompok yang dinamis, dimana
pada URL web dan pencarian pada kata kunci dapat disimpan.
3. Konsep gabungan
Komunikasi telah
mendukung maksud dari komputer dan distribusi komunikasi di bahas dalam bagian
ini. Grup yang mendistribusikan dengan menggunakan teknologi kelompok online,
kelompok virtual, dan kelompok yang didistribusikan secara geografis. Kelompok
ini secara elektronisasi jaringannya tersebar di seluruh dunia. Tidak ada
batasan geografis antara mereka kelompok-kelompok ini menggunakan aplikasi
groupware, web conferencing, video konferensi, memegang alat-alat konferensi
untuk tujuan komunikasi mereka. Oleh karena itu,interaksi ini termediasi oleh
waktu, jarak, dan teknologi. Sebagian besar saluran komunikasi menggunakan tiga
istilah untuk pengolahan komunikasi yaitu pengolahan komunikasi yaitu pengirim,
penerima, dan saluran.
Table 2
Tipe komunikasi
|
Umpan balik
|
Variasi simbol
|
Tatap muka
|
Tinggi
|
Tinggi
|
Konferensi video
|
Menengah
|
Tinggi
|
Telepon
|
Menengah
|
Rendah
|
Email
|
Tinggi
|
Tinggi
|
Kotak suara
|
Rendah
|
Rendah
|
Chatting
|
Menengah
|
Tinggi
|
Perangkat kelompok
|
Menengah
|
Tinggi
|
Komunikasi dengan tatap
muka tidak memberikan umpan balik yang tinggi dan peringkat simbol yang tinggi.
Konferensi video, dimana visual yang ditransmisikan memiliki umpan balik
menengah di bandingkan komunikasi dengan tatap muka. Telepon atau audio bergantung
pada konten bahasa dan memberikan umpan balik menengah dan rendah. Pesan suara
ialah pesan yang di maksudkan, salah satu telah di rekam atau pesannya di meisn
audio memberikan respon yang rendah dan memiliki umpan balik dan simbol yang
rendah juga. Chattingdi grup juga memilik umpan balik yang menengah dan simbol
yang tinggi juga tergantung pada isi yang di komunikasikan oleh kedua belah
pihak.
3.1 Gabungan dan Konsep
Web
Pada web 2.0 muncullah
gabungan konsep ke komputer praktis berbasis gabungan perangkat lunak.
Teknologi yang digunakan dalam web 2.0 adalah sebuah paradigma yang di kenal
sebagai layanan web, Ajax, RSS. Menggunakan konsep web 2.0 kita dapat membangun
aplikasi sebagai contoh webblog, wiki, washup, bookmark sosial dan model urusan
lain untuk contoh software adalah layanan.
Penelitian kami
berfokus pada web 2.0 standar dan kategori ini dimana aplikasi kami berdasarkan
pada jaringan sosial. Sosial web 2.0 menggunakan teknologi surifng web yang di
kolaborasikan.
Oleh karena itu, pada makalah ini kami hanya membahas software
kolaborasi yang tersedia di web. Seperi contoh BSCW dan microsoft office
sharepoint server 2007 :
1. BSCW(basic
support for cooperative work)
Hal ini mendukung
kelompok kolaboratif yang mencakup berikut memilik beberapa fitur : forum
diskusi, manajemen dokumen, manajemen tugas, manajemen kelompok, manajemen
kontak, berbagi kalender, sistem blog, pemberitahuan atau online survey.
2. Microsoft
share point server 2007
Hal ini mendukung
kolaborasi platform dalam bentuk organisasi tim. Termasuk mengikuti fitur :
blog, kalender kelompok, pendiskusian, tugas, dokumen dan alur kerja manajemen.
Fitur sosial termasuk profil pribadi dan daftar rekan pada organisasi hirarki.
3.2. kolaborasi model
surfing
Untuk membuatnya
melengkapi aplikasi kolaborasi surfing, kita perlu model persfektif yang
berbeda dari gabungan jaringan sosial yang ada untuk mencarinya di internet.
Model ini telah di adopsi dari model pengembangan kelompok yang diusulkan oleh
tuckman pada tahun 1965.
Model ini memiliki lima
pola penting yang harus di pertimbangkan ketika software yang di kembangkan.
pola ini secara formatif, kedewasaan, invasi, kekompakan dan kelengkapan.
Masing-masing pola di jelaskan di bawah ini :
1. Keformatifan :
adalah atribut yang digunakan untuk membangun tahapan pondasi. Kebanyakan
yayasan pada fase dalam gabungan komunikasi yang digunakan untuk pengujian dan
ketergantungan. Menggunakan atribut ini untuk fase pembangunan.
2. Invasi : adalah
atribut yang digunakan untuk mengukur pengaruh individu dan untuk
mengidentifikasikan kebutuhan mereka.
3. Kedewasaan :
adalah atribut untuk mengukur jatuh tempo tingkat gabungan komunitas.
Struktural dan masalah fungsional yang perlu di tangani untuk membentuk tingkat
komunikasi antar anggota.
4. Kekompakan :
adalah atribut untuk mengukur peran baru. Fokus atribut pada solusi pemikiran
pada grup dengan solusi yang saling terbuka pada anggota lain.
Kelengkapan : atribut
untuk mengukur lengkapnya proses komunikasi kolaboratif
4. Kolaborasi web
surfing
Internet adalah
perpustakaan, yang berisikan informasi pada milyaran halaman web. Penjelajah
dalam perpustakaan besar ialah waktu mengambil maupun menemukan pekerjaan yang
cocok. Penjelajah menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi yang
mungkin cocok dengan yang dinginkan. Bagaimanapun, penjelajah dapat mencari
informasi yang pasti dengan mengunjungi situs-situs yang di kumpulkan pada
mesin pencari. Ketika mencari pada masing-masing hasil dari situs tersebut
penjelajah selalu sendiri. Terkadang adalah hal yang mungkin jika penjelajah
meninggalkan personal komputer ataupun laptop tanpa mendapatkan informasi yang
sesuai. Pada penelitian kami, kami mengidentifikasikan bahwa orang-orang dari
latar belakang nol untuk menjadi ahli merasa tidak nyaman ketika menelusuri di
internet. Sementara, ketika mereka pada web menggunakan beberapa software
gabungan atau software sosial yang membuat mereka merasa nyaman. Hal ini
terjadi karena orang lain yang memiliki ide yang akan disampaikan bersedia dan
berpartisipasi pada penelitian sosial mereka dan di kegiatan sosial. Dengan
menggunakan gabungan teknologi kita membuat prototype software netsurf yang
dapat membuat mungkin jalannya para penjelajah dunia maya. Netsurf terintegrasi
pada web browser. Pada instansi dinamis, hal itu disimpan pada URL dan kata
kunci yang berlawanan dengan netsurf user. Ketika penjelajah lain akan mencari
informasi yang sama, penelusuran pengetahuan akan di aplikasikan untuk
mendapatkan satu set informasi untuk user lain pada instansi dinamis pada waktu
yang cukup pendek.
5. Kesimpulan
Menjelajah di dunia
maya memeilik peran yang sangat penting dalam dunia internet. Penggabungan
aplikasi telah tersedia di internet adalah buka informasi yang diinginkan. Oleh
karena itu,para penjelajah dunia maya sering terisolasi. Sedangkan, cara penggabungan
kami menyediakan cara baru untuk berselencar di internet. Keuntungan dari
aplikasi ini bahwa informasi yang di targetkan dimana lebih satu peselancar
dunia maya dapat berbagi informasi berdasarkan kepentingan bersama mereka.
Perangkat lunak aplikasi berbasis dapat digunakan pada satu sumber penelitian.
Nama : Reza Adi Pradana
Kelas
:
4IA21
NPM
: 52409898
Matkul
:
Pengantar Komputasi Modern
Dosen
: Rina
Noviana
Tgl.
dibuat : 25 Maret 2013
Sumber : http://meschtruz.blogspot.com/2012/03/jurnal-komputasi-modern-collaborative.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar