Komputasi
Modern
Komputasi
adalah kemampuan pemecahan masalah pada perangkat elektronik dengan menggunakan
suatu algoritma. Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang berdasar
pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta
penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah.
Komputasi
modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya
dalam sebuah memory, contohnya seperti memory pada komputer. Oleh karena itu
kebanyakan dari kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa
dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.
Dalam
kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada,
dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
- . Akurasi (big, Floating point)
- . Kecepatan (dalam satuan Hz)
- . Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
- . Modeling (NN & GA)
- . Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
Komputansi modern mempunyai
karakteristik yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
- Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis hardware, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
- Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
- Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Komputasi modern mempunyai 3 jenis,
yaitu :
1. Mobile Computing
Mobile computing (komputasi
bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi
menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah
tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan
tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan
perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah
GPS, smartphone, dan sebagainya.
2. Grid Computing
Komputasi grid memanfaatkan
kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan
proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh
satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan
secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Keuntungan dari komputasi grid adalah
kekuatan pemrosesan yang tidak digunakan secara efektif digunakan dapat
memaksimalkan sumber daya lainnya yang tersedia dan, waktu yang dibutuhkan
untuk menyelesaikan pekerjaan besar berkurang secara signifikan.
3. Cloud Computing
Cloud computing adalah perluasan
dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana
dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
Semua yang terlihat adalah sebuah antarmuka, yang menerima masukan dan
memberikan output. Bagaimana output ini dihitung benar-benar tersembunyi.
Sebagai contoh, seorang sopir mobil
tahu bahwa roda kemudi dengan memutar arah mobil yang mereka ingin pergi; atau
yang menekan pedal gas akan menyebabkan mobil untuk mempercepat. Sopir biasanya
tidak peduli tentang bagaimana arah dari roda kemudi dan pedal gas tersebut
diterjemahkan ke dalam gerakan yang sebenarnya dari mobil. Oleh karena itu,
rincian ini diabstraksikan dari sopir.
Cloud serupa, melainkan menerapkan
konsep abstraksi dalam lingkungan komputasi fisik, dengan menyembunyikan proses
yang benar dari pengguna. Dalam lingkungan komputasi awan, data bisa berada
pada beberapa server, rincian koneksi jaringan yang tersembunyi dan pengguna
tidak ada yang tahu. Bahkan, komputer awan awan dinamakan demikian karena
sering digunakan untuk menggambarkan pengetahuan eksak tentang pekerjaan batin.
Cloud komputasi berat berasal dari paradigma Unix memiliki beberapa elemen,
masing-masing yang sangat baik pada satu tugas tertentu, daripada memiliki satu
elemen besar yang tidak baik.
Sejarah Komputasi Modern
John
von Neumann (1903-1957) adalah seorang ilmuwan komputer modern. Dalam hidupnya
yang singkat, Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Keahlian Von
Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler
automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan
komputer.
Dipicu
ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan
diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam
bidang komputasi. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia merancang
konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von
Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data
disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.
Sejarah
komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah (perhitungan
otomatis dan permrograman) tapi tidak ada satu perangkat yang dapat
diidentifikasi sebagai komputer yang paling awal, sebagian karena penerapan
yang tidak konsisten istilah tersebut. Contoh awal perangkat penghitung mekanis
termasuk sempoa, slide aturan dan agrueable astrolabe dan mekanisme antikythera
(yang berasal dari sekitar 150-100 SM). Pahlawan Iskandariyah (sekitar 10-70
AD) membangun sebuah teater mekanis yang digelar sebuah drama yang berlangsung
10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks tali dan drum yang
mungkin dianggap sebagai sarana untuk memutuskan bagian mana dari mekanisme
yang dilakukan tindakan dan kapan. ini adalah inti dari kemampuan pemrograman.
"Jam benteng (castle clock)", sebuah jam astronomi yang ditemukan oleh Al-Jazari pada 1206, dianggap paling awal komputer analog yang dapat diprogram. menampilkan zodiak, matahari dan bulan mengorbit, yang berbentuk bulan sabit pointer untuk melakukan perjalanan di sebuah gateway menyebabkan pintu otomatis untuk membuka setiap jam, dan lima robot musisi yang memainkan musik ketika diserang oleh tuas yang dioperasikan oleh Camshaft menempel pada roda air. Sepanjang siang dan malam bisa kembali diprogram untuk mengimbangi perubahan panjang siang dan malam sepanjang tahun.
Pada tahun 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang konsep dan desain mekanisnya dapat diprogram penuh komputer, mesin analitis. Babbage dengan keuangan yang terbatas dan ketidakmampuan untuk menolak mengotak-atik desain berarti bahwa perangkat tidak pernah selesai. Pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menemukan rekaman data pada mesin yang dapat dibaca menengah.
"Jam benteng (castle clock)", sebuah jam astronomi yang ditemukan oleh Al-Jazari pada 1206, dianggap paling awal komputer analog yang dapat diprogram. menampilkan zodiak, matahari dan bulan mengorbit, yang berbentuk bulan sabit pointer untuk melakukan perjalanan di sebuah gateway menyebabkan pintu otomatis untuk membuka setiap jam, dan lima robot musisi yang memainkan musik ketika diserang oleh tuas yang dioperasikan oleh Camshaft menempel pada roda air. Sepanjang siang dan malam bisa kembali diprogram untuk mengimbangi perubahan panjang siang dan malam sepanjang tahun.
Pada tahun 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang konsep dan desain mekanisnya dapat diprogram penuh komputer, mesin analitis. Babbage dengan keuangan yang terbatas dan ketidakmampuan untuk menolak mengotak-atik desain berarti bahwa perangkat tidak pernah selesai. Pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menemukan rekaman data pada mesin yang dapat dibaca menengah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar