Senin, 08 November 2010

Google Luncurkan Teknologi Pencarian Cepat


Pada 09 September 2010, Google memperkenalkan sebuah cara tercepat untuk melakukan pencarian di Internet dengan layanan bernama Google Instant. Ini adalah inovasi teknologi pencarian baru dengan menggunakan prediksi kata.

Saat kita akan melakukan pencarian, Google akan menyodorkan saran. Mesin Google akan memberikan beberapa pilihan dugaan bagi kata yang ingin dicari di kolom tersebut, begitu kita mulai mengetik.

Google Instant dipamerkan pada sebuah acara di Museum Art di San Francisco. Marissa Mayer, Wakil Presiden Search Products dan User Experience Google, mengatakan Google Instant didesain untuk mempercepat proses pencarian.

Menurut Mayer, rata – rata pengguna membutuhkan waktu 9 detik untuk memasukkan kata kunci pencarian. Setelah menekan tombol pencarian, kata yang diminta itu membutuhkan waktu 300 milidetik untuk dikirimkan ke server Google sebelum dimunculkan hasilnya,  dan setiap pengguna rata-rata membutuhkan waktu 15 detik untuk memilih dari hasil yang ada.

Jadi, paling tidak ada satu setengah menit waktu yang dibutuhkan sampai menghasilkan pencarian. Google Instant adalah upaya untuk lebih menghemat waktu dengan memprediksi apa yang sedang dicari pengguna dan memotong-kompas tombol pencarian. Peningkatan kecepatannya bisa dua hingga tiga kali lebih cepat.

Begitu opsi yang ditawarkan muncul, demikian pula hasil pencarian yang akan ditampilkan dengan kata prediksi diberi warna abu-abu terang. Pengguna tak perlu lagi menekan tombol. Cukup menggulur layar lalu memilih hasil pencarian .

Bagaimana dengan di perangkat bergerak? Google mengatakan sudah memiliki prototipenya. Namun, ia baru akan berjalan pada musim gugur mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar