Senin, 08 November 2010

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SELULER


Handphone kita kenal adalah alat Komunikasi Wireless yaitu komunikasi bergerak tanpa kabel atau bisa disebut dengan Mobile Device. Teknologi wireless ini telah berkembang dengan pesat dalam satu dekade terakhir ini. Prinsip dari komunikasi wireless ini menggunakan kanal radio yang terpisah untuk berkomunikasi dengan cell site.pada masa kini handphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi biasa, akan tetapi juga digunakan untuk mengakses internet, berfoto dan untuk bertukar data.

Pada awalnya handphone - yang kita kenal saat ini, merupakan gabungan dari Teknologi sinyal frekuensi Radio yang digabungkan dengan Teknologi Komunikasi Telepon. Telepon itu sendiri pertama kali ditemukan dan diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Sedangkan komunikasi tanpa kabel (wireless) ditemukan oleh Nikolai Tesla pada tahun 1880 dan diperkenalkan oleh Guglielmo Marconi. Akar dari perkembangan digital wireless dan saat teknologi telepon mobil seluler dimulai sejak 1940.

Perkembangan  telepon seluler sekarang ini juga menjadi menarik untuk disimak karena konvergensi teknologi yang sekarang terjadi mengisyaratkan kita bahwa kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini tidak memiliki batas sama sekali. Karena hal yang termasuk kategori ponsel, kategori komputer, kategori pemutar musik digital, maupun kategori kamera digital atau video digital semuanya saling memiliki dan menjadi sebuah kesatuan dengan berbagai fungsi yang terkumpul dalam sebuah perangkat.

Jika di bandingkan dengan zaman dulu,  perkembangan teknologi handphone pada masa itu tidak berkembang pesat seperti pada saat ini, hal ini dapat dilihat dari model handphone masa kini yang akan sangat berbeda dalam jangka waktu 5 tahun saja.

Pada awalnya perkembangannya, fungsi handphone sangat sederhana, dengan bentuk yang besar, dan sinyal yang buruk, layar monotornya pun hanya bisa menampilkan 1 warna atau hanya sedikit yang dikenal dengan layar monokrom, Ringtone berupa pollyphonic. Dan menggunakan teknologi AMPS (Advance Mobile Phone System)

AMPS merupakan generasi pertama pada teknologi selular.
System ini bekerja pada frekuensi 800 Mhz, yang menggunakan 2 sirkuit yang terintergrasikan dari Computer Dedicated dan System Switch.

AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz - 894 Mhz.
Dengan masih digunakannya fitur AMPS tersebut, maka tidak memungkinkan adanya fitur seperti e-mail dan browsing, serta kekurangan dalam kualitas suara. Hal inilah yang menjadi kendala, sehingga system ini tidak berkembang dan ditinggalkan setelah teknologi digital berkembang.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pada saat ini banyak ponsel yang penuh dengan berbagai ragam kemampuan multimedia, beberapa kemampuannya diantaranya seperti MMS,3G,GPRS, Wi-Fi Bahkan pada model-model tertentu sudah bisa berfungsi sebagai minikomputer, fungsi dari teknologi tersebut adalah :
  • MMS :seperti pesan text biasa,tetapi untuk MMS dapat melakukan pengiriman pesan beserta gambar.
  • 3G    : telepon dengan lawan bicara,tetapi bisa di lakukan secara tatap muka.(dan sekarang untuk handphone yang lebih canggih dilengkapi 3,5G dan 4G).
  • GPRS: untuk internet,membuka email.
  • Wi-Fi : Digunakan untuk akses internet dengan memanfaatkan sambungan lokal (Hotspot).

Pada masa kini digunakan 2 jenis jaringan pada telepon selular, GSM (Global System for Mobile system) dan CDMA ( Code Division Multiple Access).

GSM (Global System for Mobile telekomunication)

GSM adalah generasi kedua setelah AMPS, GSM pertama kali dikeluarkan pada taun 1991 dan mulai berkembang pada tahun 1993 dengan diadopsi oleh beberapa negara seperti Afrika Selatan, Australia, Timur Tengah, dan Amerika Utara.Perkembangan pesat dari GSM disebabkan cara penggunaan system yang digital sehingga memungkinkan pengembang untuk mengekploitasi penggunaan algoritma dan digital serta memungkinkannya penggunaan Very Large Scale Intergration (VLSI). Untuk mengurangi dan memperkecil biaya Handled terminalnya, pada saat ini GSM sudah menggunakan fitur Intelegent Network.

GSM adalah system telekomunikasi bergerak dengan menggunakan system selular digital. GSM pertama kali dibuat diperuntukan untuk menjadi system telekomunikasi bergerak yang memiliki cakupan internasional yang berdasarkan pada teknologi Multyplexing Time Division Multiple access (TDMA). GSM menggunakan frekuensi standart 900Mhz dan frekuensi 1800Mhz dengan nama Personal Communication Network. GSM juga menyediakan layanan pengiriman data dengan high speed yang menggunakan teknologi High Speed Circuit Switch Data (HSCSD) dengan rate 64 Kbps hingga 100 Kbps. Saat ini di Indonesia yang mengadopsi GSM sudah sekian banyak,seperto Telkomsel, Exelkomindo, Satelindo, Indosat, dll.

CDMA (Code Devision Multiple Access)

CDMA merupakan generasi ketiga (3G). Teknologi seluler telah berkembang pesat. Sekarang telah berkembang Code Devision Multiple Access yang mengunakan sistem spectrum.
Berbeda dengan GSM yang menggunakan Time Division Multiplexing. CDMA tidak memiliki frekuensi khusus pada setiap user. Setiap channel menggunakan spectrum yang tersedia secara penuh.

CDMA merupakan perkembangan AMPS yang pertama kali digunakan oleh militer Amerika Serikat sebagai komunikasi Intelejen pada waktu perang.
Perkembangan CDMA tidak secepat perkembangan GSM yang paling banyak diadopsi di berbagai macam negara.Di Indonesia untuk jaringan CDMA ditempati oleh PT.Mobile-8, Telecom, Telkomflexy dan Esia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar